Deretan Kegiatan Cabang Pelabuhan IPC, Rayakan Hari Pers Nasional

Hari Pers Nasional diperingati setiap tanggal 9 Februari. Peringatan ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985, disebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Peringatan HPN tahun 2021 mengusung tema “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi dengan Pers sebagai Akselerator Perubahan”. Pers diharapkan dapat menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat sehingga terbangun keharmonisan dan optimisme untuk bangkit dari pandemi.

Sebagai apresiasi terhadap Pers dan dalam rangka memperingati hari Pers Nasional, IPC mengadakan berbagai kegiatan media relation di sejumlah Cabang Pelabuhan. Diantaranya IPC Cabang Tanjung Priok yang melakukan media office visit di Kantor Media Tempo.co guna memperkuat relasi dengan media dan saling tukar informasi. Selain itu mereka juga menyambangi kantor FORWAMI (Forum Wartawan Maritim Indonesia) Pelabuhan Tanjung Priok untuk saling bersinergi dan memberikan sumbangsih demi kemajuan Pelabuhan dan tercipta publikasi yang positif. 

Selanjutnya, IPC Cabang Pontianak melakukan podcast bersama RRI Pontianak. GM IPC Cabang Pontianak, Udin Mahmudin menjadi salah satu narasumber dalam podcast yang membahas progres pembangunan Terminal Kijing yang terletak di Mempawah, Kalimantan Barat yang diproyeksikan menjadi Pelabuhan terbesar dan modern di Kalimantan. 

Di IPC Cabang Teluk Bayur, dilakukan kegiatan Media Gathering yang menggandeng sejumlah media lokal dan nasional, baik cetak maupun online untuk melihat lebih dekat bisnis proses di Pelabuhan Teluk Bayur. Para peserta diajak tour pelabuhan dan melihat secara langsung proses bongkar muat dan fasilitas di Pelabuhan Teluk Bayur. Kegiatan ini menjadi forum diskusi dan sarana penyebarluasan informasi mengenai capaian-capaian serta action korporasi untuk menjamin kelancaran arus logistik khususnya di Sumatera Barat. 

Bertepatan dengan hari HPN IPC Cabang Panjang menerima penghargaan Anugerah Tjindarboemi sebagai Perusahaan Pendorong Perekonomian Daerah yang diberikan oleh PWI di hari ulang tahunnya yang ke-75 tahun. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang diterima oleh General Manager IPC Cabang Panjang, Adi Sugiri. Dalam sambutannya Gubernur Lampung mengatakan bahwa IPC merupakan salah satu perusahaan BUMN yang menjadi motor penggerak perekonomian Provinsi Lampung. Pada tahun ini Provinsi Lampung fokus dalam peningkatan Ekspor hasil buminya terbukti di akhir tahun 2020 terjadi peningkatan Ekspor hasil bumi walapun ditengah pandemi Covid – 19. 

Kemeriahan Hari Pers Nasional semakin terasa dengan diadakannya kegiatan Seminar Kepelabuhan yang digelar di Museum Maritim Pelabuhan Tanjung Priok. Seminar ini diisi oleh narasumber yang mumpuni seperti Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Kepala KSOP Tanjung Priok, Capt. Mugen S. Sartoto, General Manager IPC Cabang Tanjung Priok, Guna Mulyana, Ketua Umum PWI Pusat , Atal S. Depari dan Pengamat Kepelabuhanan, Sabri Saiman. Seminar yang bekerja sama dengan PWI ini membahas isu-isu strategis tentang pengembangan pelabuhan Tanjung Priok melalui sinergi antara IPC, media, dan stakeholder kepelabuhanan.