2021 : Tahun Sinergi dan Peningkatan Performansi

IPC selenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Kantor Pusat IPC, Tanjung Priok, Jakarta pada 15 – 17 Februari 2021. Rakernas kali ini merupakan Rakernas pembuka di tahun 2021 yang mengangkat tema Creativity and Innovation to Boost Business Performance in the Midst of Pandemic. Acara dibuka oleh Direktur Utama IPC Arif Suhartono dan Komisaris Utama IPC Moermahadi Soerja Djanegara.

Direktur Utama IPC Arif Suhartono menyampaikan dalam sambutannya “Saya berharap, seluruh peserta dalam Rakernas ini tidak hanya mendapatkan persepsi yang sama tetapi juga bisa memberikan insight menarik yang dapat meningkatkan performansi bisnis di IPC menjadi lebih cemerlang di situasi pandemi yang masih kita hadapi bersama.”

Pukulan Pandemi terhadap Pertumbuhan Maritim

Jika dibandingkan dengan performansi di tahun 2019, trend kinerja operasional IPC memang mengalami penurunan. Akan tetapi hal ini masih dikategorikan “wajar” karena IPC masih bisa bertahan dan diproyeksikan kinerjanya akan membaik di tahun 2021.

Di Balik Tantangan Terdapat Peluang

IPC telah menyiapkan penyesuaian roadmap perusahaan sampai dengan 2024 di mana tahun ini, IPC menginjak kepada fase sinergi dan peningkatan performansi. Tahun 2021 akan menjadi momentum yang tepat bagi IPC Group untuk bangkit keluar dari masa sulit era pandemi.

Terdapat program utama perusahaan di tahun 2021, yaitu memperkuat transformasi digital, transformasi budaya, inovasi model bisnis, manajemen inovasi, restrukturisasi anak perusahaan, dan agenda besar sinergi dan integrasi Pelindo.

Program utama ini akan menjadi landasan bagi IPC Group untuk mewujudkan visi sebagai ekosistem maritim berkelas dunia.

Optimis Pantang Terkikis

IPC telah menetapkan target kinerja di 2021 yang diproyeksikan akan membaik dibandingkan tahun 2020. Sesuai RKAP yang telah ditetapkan, manajemen IPC mematok target operasional sebagai berikut:

Target tersebut akan terwujud apabila seluruh IPC Group berkomitmen untuk menjalankan tugas dan fungsinya dengan maksimal, berlandaskan budaya perusahaan yang telah ditetapkan, dan melaksanakan program utama korporasi secara optimal.

Direktur Utama Arif Suhartono mengajak seluruh insan IPC Group agar melanjutkan kerja sama yang baik dengan mengutamakan kelancaran flow of goods dan flow of document untuk meraih efisiensi waktu dan biaya distribusi logistik yang terbaik.